Apa Itu Syafaat?

 

Apa itu syafa’at? Kita harus paham akan hal ini biar tidak terjerumus pada pemahaman yang keliru.

Hari kiamat adalah kehidupan di akhirat yang satu harinya sama dengan 50.000 tahun lamanya. Di sana tidak terdapat bangunan, pohon untuk berlindung, dan tidak ada pula pakaian yang menutupi badan. Keadaan pada saat itu saling berdesakan. Allah Ta’ala mengisahkan kejadian pada saat itu,

يَوْمَئِذٍ يَتَّبِعُونَ الدَّاعِيَ لَا عِوَجَ لَهُ وَخَشَعَتِ الْأَصْوَاتُ لِلرَّحْمَنِ فَلَا تَسْمَعُ إِلَّا هَمْسًا

Pada hari itu manusia mengikuti (menuju kepada suara) penyeru dengan tidak berbelok-belok; dan merendahlah semua suara kepada Rabb Yang Maha Pemurah, maka kamu tidak mendengar kecuali bisikan saja.” (QS. Thaahaa [20] : 108)

Hari tersebut adalah hari yang sangat dahsyat.

Read more ...

0
0
0
s2smodern

Hukum Tathayyur (Merasa Sial) dan Jenis-jenisnya

Merasa SialSudah menjadi fenomena yang sulit untuk dihilangkan di kalangan umat Islam, khususnya yang ada di Indonesia perihal merasa sial terhadap datang atau terjadinya sesuatu. Hal ini menjadi salah satu bukti bahwa umat Islam telah lama meninggalkan ajaran Allah dan Rasul-Nya. Mereka menjadi asing dengan ajaran Islam yang murni dan lebih mengedepankan taqlid (mengikuti sesuatu tanpa dasar ilmu) pada wejangan nenek moyangnya. Memang sungguh menyedihkan, tapi inilah tugas yang harus kita kerjakan untuk mengembalikan aqidah ummat yang terbengkalai dengan berbagai khurafat, kesyirikan, kebid’ahan, dan kemungkaran-kemungkaran lainnya yang jelas-jelas bertentangan dengan Al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah SAW. Allah dan Rasul-Nya telah mengancam dengan ancaman yang keras bagi mereka yang mempercayai Tathayyur. Berikut ini akan dijelasan secara ringkas mengenai makna, hukum dan bentuk Tahhayyur yang ada pada zaman dahulu dan sekarang.

Makna Tathayyur

Tathayyur berasal dari ath-thiyarah, yang berarti merasa sial karena suatu hal. Pada mulanya, orang Arab merasa bernasib sial karena burung-burung tertentu, seperti: burung gagak, burung hantu, serta berbagai hewan lainnya. Kemudian istilah ini dimutlakkan penggunaannya pada semua perasaan sial, apapun bentuk dan penyebabnya.

Read more ...

0
0
0
s2smodern

Merayakan Valentine Day, Haram bagi Umat Islam

No Valentine's DayDi hari-hari ini, sesekali pergilah ke mall atau supermarket besar yang ada di kota Anda. Lihatlah interior mall atau supermarket tersebut. Anda pasti menjumpai interiornya dipenuhi pernak-pernik—apakah itu berbentuk pita, bantal berbentuk hati, boneka beruang, atau rangkaian bunga—yang didominasi dua warna: pink dan biru muda. 

 

Dan Anda pasti mafhum, sebentar lagi kebanyakan anak-anak muda seluruh dunia akan merayakan Hari Kasih Sayang atau yang lebih tenar distilahkan dengan Valentine Day. 

 Momentum ini sangat disukai anak-anak remaja, terutama remaja perkotaan. Karena di hari itu, 14 Februari, mereka terbiasa merayakannya bersama orang-orang yang dicintai atau disayanginya, terutama kekasih. Valentine Day memang berasal dari tradisi Kristen Barat, namun sekarang momentum ini dirayakan di hampir semua negara, tak terkecuali negeri-negeri Islam besar seperti Indonesia. 

Read more ...

0
0
0
s2smodern

HUKUM ORANG YANG MENINGGALKAN SHALAT

hukum meninggalkan shalatMasalah ini termasuk salah satu masalah ilmu yang amat besar, diperdebatkan oleh para ulama pada zaman dahulu dan masa sekarang.

Imam Ahmad bin Hanbal mengatakan : “Orang yang meninggalkan shalat adalah kafir, yaitu kekafiran yang menyebabkan orang tersebut keluar dari Islam, diancam hukuman mati, jika tidak bertaubat dan tidak mengerjakan shalat.

Sementara Imam Abu Hanifah, Malik dan Syafi’i mengatakan : “Orang yang meninggalkan shalat adalah fasik dan tidak kafir”, namun, mereka berbeda pendapat mengenai hukumannya, menurut Imam Malik dan Syafi’i “diancam hukuman mati sebagai hadd”, dan menurut Imam Abu Hanifah “diancam hukuman ta’zir (diasingkan) , bukan hukuman mati”.

Read more ...

0
0
0
s2smodern