KEUTAMAAN AMALAN SEPULUH HARI PERTAMA DZULHIJAH

 

 

 

 

 

Amalan-Amalan Sangat Dianjurkan Pada

 

Sepuluh Hari Pertama di Bulan DZULHIJJAH 

 

  

            Malam ini dimulai saat azan Maghrib berkumandang, kaum Muslimin telah berada di satu Dzulhijjah 1437 H yang penuh keberkahan, insya Allah Ta’ala. Sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah adalah musim kebaikan. Sudah selayaknya setiap Muslim memberikan perhatian yang lebih terhadapnya. Sudah sewajarnya setiap muslim meningkatkan amal shalihnya pada waktu tersebut, melebihi amal shalihnya pada waktu yang lain.

Read more ...

0
0
0
s2smodern

Hukum Menyembelih Sampai Putus Leher

ذَا قُطِعَ الرَأْسُ فَلَا بِأْسَ

“ Jika kepalanya terputus, maka tidaklah mengapa. ( untuk dimakan ) “

Banyak masyarakat Indonesia yang ketika menyembelih ayam, atau sejenisnya, sengaja menyembelihnya sampai terputus lehernya. Bagaimana hukumnya, apakah perbuatan tersebut melampaui batas, sehingga pelakunya berdosa ? Dan bagaimana hukum ayam yang disembelih tadi, apakah halal atau haram ? Tulisan di bawah ini menjelaskannya :

Read more ...

0
0
0
s2smodern

Khitan Bagi Wanita? Ini Pembahasannya...

Khitan Bagi WanitaPertanyaan:
Bagaimana hukum khitan bagi anak perempuan? Karena ada yang mengataan hukumnya sunnah. Apa benar?

Jawaban:

Bismillah, wash-sholatu was-salaam ‘alaa Rasulillah

Khitan bagi wanita Termasuk Syariat Islam. Terdapat perbedaan pendapat di kalangan para ulama tentang hukum khitan bagi wanita. Sebagian mengatakan khitan bagi wanita hukumnya wajib, sebagian lagi mengatakan hukumnya sunnah (dianjurkan).

Read more ...

0
0
0
s2smodern

HUKUM SEPUTAR SHALAT TATHAWWU’

shalat Tathawwu

A. Pengertian shalat Tathawwu’

Tathawwu’ secara bahasa artinya adalah nafilah yakni segala kelebihan yang baik.[1] Allah Ta'ala  berfirman: “Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang terbaik baginya.” (Al Baqarah: 184)

Jadi Tathawwu’ adalah perbuatan yang dilakukan suka rela oleh seorang muslim atas kemauan sendiri, yang bukan merupakan kewajiban baginya.[2]

 

Read more ...

0
0
0
s2smodern

HUKUM MEMAKAI EMAS BAGI KAUM LAKI-LAKI

Dalam Timbangan Syari’at Islam

Emas Batu AkikPada hari ini kita saksikan banyak pemuda-pemuda Islam sangat berlebih-berlebihan dalam berhias, bahkan melebihi wanita-wanita muslimah dalam berhias. Padahal Allah dan Rasul-Nya telah  mengharamkan kepada kita kaum muslimin untuk berlebih-berlebihan dalam segala hal, karena ia adalah bagian dari amalan syaitan, terlebih-lebih dalam berhias. Untuk itu sangat disayangkan dan sangat ironis bila para pemuda Islam dan wanita muslimah pada hari ini menghamburkan harta dan menghabiskan uang mereka hanya untuk membeli berbagai macam alat-alat perhiasan, make-up dan yang lainnya, padahal dibelahan bumi yang lain ribuan bahkan jutaan kaum muslimin hidup dalam kemiskinan, kekurangan makanan, kehilangan tempat tinggal, kekurangan persenjataan, arteleri untuk berjihad dijalan Allah. Untuk itu sudah saatnya bagi pemuda Islam dan wanita muslimah untuk menyadari semua ini dan kembali kejalan yang benar dalam bersikap, beramal, berpenampilan, berhias dan yang lainnya.

Read more ...

0
0
0
s2smodern

Jilbab untuk Wanita Muslimah

Jilbab MuslilmahAyat-ayat Al-Quran, As-Sunnah dan atsar-atsar Salaf dalam masalah yang penting ini, memberikan jawaban kepada kami bahwa jika seorang wanita keluar dari rumahnya, maka ia wajib menutup seluruh anggota badannya dan tidak menampakkan sedikitpun perhiasannya, kecuali wajah dan dua telapak tangannya, maka ia harus menggunakan pakaian (jilbab) yang memenuhi syarat-syarat sebagai berikut :


1. MELIPUTI SELURUH BADAN SELAIN YANG DIKECUALIKAN

 

Syarat ini terdapat dalam firman Allah ldalam surat An-Nuur : 31 berbunyi :

Read more ...

0
0
0
s2smodern

Aqiqah Menurut Tinjauan Syar’i

Aqiqah sesuai SyariahAqiqah adalah kambing yang disembelih untuk untuk bayi pada hari ketujuh dari kelahirannya.[1] Sedangkan di dalam kitab Mausu’ah al-Fiqh al-Islami dijelaskan bahwa aqiqah adalah hewan yang disembelih untuk kelahiran seorang anak. Dalam definisi lain aqiqah adalah jamuan makanan yang dihidangkan oleh para ayah karena lahirnya seorang anak.[2]

Al Azhari berkata dalam kitab “Attahdhib”: Abu Ubaid dan Al asma’i serta yang lainnya berkata, "Kata Aqiqah asli artinya adalah rambut yang ada di kepala seorang anak ketika di lahirkan dan ia juga dinamakan syaat (kambing) yang di sembelih ketika waktu  aqiqah, karena rambut yang dicukur pada waktu dzabh (menyembelih ) itulah yang dinamakan aqiqah.

   Abu Ubaid berkata, "Diantara makna aqiqah yang lain adalah setiap yang dilahirkan dari binatang, sedang rambut yang ada di kepala pada waktu dilahirkan disebut aqiqah."

            Al Azhari berkata, "Makna dari kata  العق  adalah    الشاة  yang mempunyai arti pecah, sedang rambut yang menempel pada kepala seorang anak itulah yang dinamakan aqiqah karena ia dicukur dan di potong ( pada waktu aqiqah )."[3] 

Read more ...

0
0
0
s2smodern

Shalat Dzuhur di Hari Jum'at, Wanita Menunggu Sampai Shalat Jum'at Selesai?


Oleh: Badrul Tamam

Al-Hamdulillah, segala puji milik Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam atas Rasulillah –Shallallahu 'Alaihi Wasallam-, keluarga dan para sahabatnya.

Berkembang keyakinan di masyarakat, wanita tidak boleh shalat Dzuhur di hari Jum’at sehingga kegiatan shalat Jum’at di Masjid selesai. Sehingga mereka mengakhirkan pelaksanaannya sehingga para bapak dan laki-laki pulang dari shalat Jum’at. Apakah ini dibenarkan?

Waktu shalat Dzuhur bagi wanita di hari Jum’at seperti waktu Dzuhur di hari-hari selainnya. Yaitu saat matahari sudah sedikit tergelincir ke barat atau bayangan benda sedikit condong ke timur. Dan habisnya, bayangan suatu benda sebanding dengan benda tersebut. dan saat itu sudah masuk Ashar. [Baca: Apakah Jam 15.00 WIB Masih Waktu Shalat Dzuhur?]

Diriwayatkan dari Abdullah bin 'Amr Radhiyallahu 'Anhu, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda:

وَقْتُ الظُّهْرِ إِذَا زَالَتِ الشَّمْسُ وَكَانَ ظِلُّ الرَّجُلِ كَطُولِهِ مَا لَمْ يَحْضُرِ الْعَصْرُ

"Waktu Dzuhur dimulai apabila matahari sudah tergelincir sehingga bayangan seseorang sama dengan tingginya selama belum masuk waktu 'Ashar." (HR. Muslim)

Jika seorang wanita sudah yakin telah masuk waktu Dzuhur ia boleh shalat Dzuhur di rumahnya walau kaum muslimin belum selesai dari shalat Jum’at. Dan kebiasaan masyarakat kita, adzan shalat Jum’at dikumandangkan setelah masuk waktu Dzuhur, khususnya adzan kedua di masjid yang mengamalkan dua adzan Jum’at. Jika demikian, dibolehkan wanita shalat Dzuhur setelah mendengar adzan kedua tersebut. Wallahu A’lam.

Read more ...

0
0
0
s2smodern

Merancang Walimahan yang Syar'i dan Barokah

Sahabat VOA-Islam yang Shalih dan Shalihah...

Masyarakat Indonesia, khusus para penggemar dunia selebritis dan dunia hiburan, beberapa hari yang lalu, dihebohkan oleh peristiwa pernikahan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. Heboh karena prosesi pernikahannya, mulai dari persiapan, lamaran, akad nikah, serta malam resepsinya disiarkan langsung oleh Trans Tv. Sehingga menurut Nielsen, acara itu dapat menaikan rating Trans Tv darishare 19,5% sampai 11,9 persen. Hal itu bisa terjadi karena ada banyak masyarakat yang melihat artis idolanya itu melangsungkan pernikahan. Meskipun, berakhir dengan mendapatkan teguran dari KPI, karena acara siaran langsung itu dinilai kurang sepantasnya untuk di siarkan.

Read more ...

0
0
0
s2smodern