Tidak ada teks alternatif otomatis yang tersedia.

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih dan orang duduk

Kegiatan kali ini adalah pelatihan membuat aneka bolu gulung batik , didalam membuat bolu terdapat tata cara yaitu sebagai berikut :

  1. Bahan 1 : kocok kuning telur, putih telur, SP, Gula sampai adonan kental mengembang.
  2. Selanjutnya masukkan tepung terigu, susu bubuk dan tepung maizena, campur dan ayak semua bahan ke dalam adonan telur. Mixer speed rendah hingga rata. Jangan kelamaan, soalnya adonan jadi bantet.
  3. Setelah itu masukkan mentega cair lalu aduk lembut sistem lipat dengan spatula. Harus rata ya bun, aduk pelan-pelan soalnya bisa ambles sukses adonannya.
  4. Kemudian siapkan 2 loyang ukuran 24×24 yang sebelumnya diolesi dengan mentega + dialasi dengan kertas roti. Tuang adonan ke 2 loyang. Lalu hentakkan beberapa kali untuk mengeluarkan udaran dalam adonan.
  5. Langkah berikutnya buat Motif Batik : Ambil 3 sendok makan adonan bolu kemudian tambahkan pasta moka sebanyak 1/2 sendok teh, aduk rata. Masukkan ke dalam plastik piping bag, semprot arah diagonal lalu dengan menggunakan tusuk gigi tarik garis lurus bolak balik.
  6. Panaskan oven dengan suhu 170 derajat celcius, kemudian panggang kurang lebih selama 15 menit. Asal permukaannya kue bolu kuning kecoklatan saja, kalau over bake nanti tidak bisa digulung.
  7. Setelah keluar dari oven hentakkan lagi beberapa kali. Dinginkan di rak pendingin, setelah suhu ruang cabut kertas roti secara perlahan. Olesi dengan selai trawberry atau selai sesuai selera lalu gulung perlahan. Masukkan ke kulkas, baru deh dipotong-potong.
  8. Resep bolu gulung batik siap disajikan