Kisah Ali Bin Abi Thalib

Siapakah Ali Bin Abi Thalib?

Ali Bin Abi Thalib Adalah Sepupu Nabi Muhammad, suami dari putri tercintanys, Fatimah, ayah dari dua cucu kebanggaannya, Alhasan dan Alhusein yang di juluki oleh beliau sebagai pemimpin para pemuda penduduk surga. semoga allah meridhai mereka semua.

Ali adalah orang yang dipercayai oleh nabi muhammad SAW untuk menempati tempat tidurnya kala beliau hendak melaksanakan hijrah ke kota madinah. dan ia rela berkorban melakukan hal itu untuk beliau.

Ali pula bersama dua saudaranya yang dipercaya oleh nabi Muhammad SAW untuk menjaga kota madinah selama di tinggal beliau untuk memimpin perang tabuk. sebagaimana riwayat yang disebutkan dalam kitab shahih Al-Bukhari dan shahih Muslim, dari Sa’ad bin Abi Waqqash, ia berkata, ketika akan berangkat menuju perang tabuk , Rasulullah menunjuk Ali Bin Abi Thalib untuk menggantikan beliau menjaga kota madinah. lalu Ali (yang sangat antusias untuk berperang) berkata, “Apakah engkau memintaku untuk menjaga kaum wanita dan anak-anak?” Nabi pun menjawab “Tidakkah kamu merasa senang jika posisimu denganku itu seperti Harun dengan Musa? hanya bedanya tidak ada nabi lain  setelahku.”

Ali merupakan salah satu ulama dari kalangan sahabat yang paling dalam ilmu Al-Qur’annya. banyak sekali riwayat dalam berbagai kitab tafsir yang dikutip dari Ali terkait penafsiran ayat-ayat Al-Qur’an…

Jadi Anda sudah tau kan siapa Ali Bin Abi Thalib itu?…

Semoga Siroh singkat ini bermanfaat bagi para pembaca..Amin…