Percantik Interior Ruangan dengan Cermin dan Pemanfaatnya

Percantik Interior Ruangan dengan Cermin dan Pemanfaatnya

Cermin merupakan salah satu elemen desain danĀ dekorasi ruangan, memiliki banyak fungsi dan manfaat. Bahkan menurut beberapa ahli, cermin mampu pengaruhi psikologis penghuni rumah. Pada awalnya, cermin memang berfungsi sebagai refleksi suatu benda. Kini, seiring berkembangnya teknologi di bidang arsitektur, peranan cermin pun tak hanya sebatas media refleksi.

Tak hanya sebagai alat merias, fungsi cermin dapat dioptimalkan sebagaiĀ elemen dekoratif. Dengan penempatan, ukuran dan bingkai yang tepat dan sesuai dengan suasana ruang, cermin mampu menghadirkan kesan elegan.

Manfaat instalasi cermin dalam ruangan yang bisa anda coba :

  1. Membuat Ruangan Terasa Lebih Luas dan Minimalis

Sebagai salah satu elemen dekorasi ruang yang memiliki banyak fungsi, selain memberikan fungsi estetik, cermin juga mampu menghadirkan kesan luas dan lapang pada sebuah ruangan. Ruang yang tidak terlalu besar dan sempit dapat dibuat menjadi terasa luas dengan menghadirkan cermin. Selain memberikan kesan luas, cermin juga membuat ruangan terlihat lebih terang. Pantulannya yang bersifat reflektif mampu membuat cahaya menyebar ke seluruh sudut ruang.

2. Membuat Kita Semakin Betah di Rumah

Ternyata, cermin juga dapat membuat orang betah berlama-lama berada di dalam ruangan. Kegiatan di dalam kamar tidur dengan sebuah cermin cermin besar akan membuat penghuninya semakin merasa betah. Begitu pula dengan kehadiran cermin di ruangan lainnya, penempatan dan instalasi sebuah cermin berukuran proporsional di beberapa ruangan akan membuat Anda merasa lebih betah dan nyaman saat berada dalam ruangan tersebut.

3. Meningkatkan Energi Positif

Berdasarkan ilmu feng shui, cermin bisa meningkatkan energi positif. Selain menambagkan energi positif tentu penambahan cermin bisa menambah nilai estetika pada interior ruangan. Ehm untuk menghadirkan energi positif di rumah, lokasi letak cermin yang disarankan adalah:

  • Area keluar masuk rumah seperti pintu dan jendela. Namun diingat untuk tidak meletakan cermin menghadapat pintu utama secara langsung karena berdasarkan feng shui hal ini menimbulkan energi negative.
  • Dinding ruang tamu untuk refleksi cahaya sehingga ruangan terlihat lebih terang. Klo bisa penempatannya agak tinggi karena penempatakan kaca di sini bukan untuk berkaca namun untuk meningkatkan pencahayaan.

baca juga artikel kami lainnya : Peluang Usaha di Saat Pandemi