Beranda » Keutamaan Bulan Ramadhan

Keutamaan Bulan Ramadhan

Keutamaan Ramadhan adalah salah satu hal istimewa dan yang paling di tunggu oleh seluruh umat islam di seluruh dunia karena kelimpahan pahalanya yang besar.

Keutamaan-keutaman bulan Ramadhan begitu banyak. Jika kita bertemu dengan Ramadhan betapa beruntungnya kita, karena di bulan itu segala amalan akan di lipatkan ganjarannya.

Berikut Keutamaan Ramadhan

keutamaan ramadhan

1. Hasil Puasa adalah Taqwa

  يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ كُتِبَ عَلَيۡكُمُ ٱلصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبۡلِكُمۡ لَعَلَّكُمۡ تَتَّقُونَ ١٨٣

“Wahai orang-orang yang beriman! Kamu di wajibkan berpuasa sebagaimana di wajibkan atas orang yang terdahulu daripada kamu, supaya kamu bertaqwa.” (Surah al-Baqarah, ayat 183)

Ibadah puasa adalah ibadah rohaniah dan jasadiah. Apabila ibadah puasa di laksanakan dengan menjaga Sunnah dan adab berpuasa maka hasil daripadanya akan membentuk seorang hamba yang benar-benar bertaqwa di sisi Allah SWT.

2. Ramadhan Bulan al-Quran

“(Waktu kamu wajib berpuasa adalah) bulan Ramadhan yang di dalamnya di turunkan Al-Qur’an, sebagai petunjuk bagi seluruh umat manusia, dan sebagai hujjah yang menjelaskan petunjuk itu dan (menjelaskan) perbedaan antara yang haq dan yang batil.

Al-Quran yang mulia telah di turunkan kepada manusia yang paling mulia iaitu Nabi Muhammad SAW, kepada umat yang paling mulia, iaitu umat Baginda SAW dan di bulan yang paling mulia, iaitu bulan Ramadhan dan orang yang membacanya adalah orang yang mulia.

3. Puasa Menghapus Dosa

Puasa adalah pintu segala ibadah karena dengan puasa Allah SWT akan mengampuni dosa-dosa seorang hamba. Ketika dosa di ampuni maka itu membuat hati bercahaya dan cahaya akan membangkitkan gairah untuk melakukan setiap amal ibadah lainnya dengan sungguh-sungguh.

Menurut beberapa informasi, ada banyak keutamaan bulan Ramadhan. Keutamaan tersebut telah di jelaskan dalam beberapa hadits Ramadhan yang merupakan bulan penuh berkah tentunya menjadi salah satu bulan yang di tunggu umat Islam.

5 Keutamaan Bulan Ramadhan

1. Bulan penuh berkah

Ini adalah prioritas pertama Ramadhan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda bahwa bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah.

قَدْ جَاءَكُمْ شَهْرُ رَمَضَانَ شَهْرٌ مُبَارَكٌ


“Telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah” (HR. Ahmad)\

2. Kewajiban Puasa

Salah satu keutamaan bulan Ramadhan, di bulan ini umat Islam diwajibkan berpuasa. Jadi Ramadhan juga disebut sebagai syahrush shiyam.

Puasa menjadikan Ramadhan istimewa karena merupakan rukun Islam yang tidak ada pada bulan-bulan lainnya.Kelanjutan hadits di atas berbunyi:

قَدْ جَاءَكُمْ شَهْرُ رَمَضَانَ شَهْرٌ مُبَارَكٌ افْتَرَضَ اللَّهُ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ


“Telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah di wajibkan kepada kalian ibadah puasa” (HR. Ahmad)

3. Pintu surga di buka

Di bulan Ramadhan Adalah waktu pintu surga di buka.

4. Syetan Di Belenggu

Setan di belenggu selama bulan ini sebagaimana sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam:

إِذَا جَاءَ رَمَضَانُ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ وَصُفِّدَتِ الشَّيَاطِينُ


”Apabila Ramadhan tiba pintu surga di buka pintu neraka di tutup dan setan pun di belenggu.” (HR. Bukhari dan Muslim) Juga lanjutan hadits riwayat Imam Ahmad sebelumnya:

5. Lailatul Qadar

Prioritas Ramadhan yang tak kalah luar biasa adalah lailatul qadar. Itulah malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan. Lailatul Qadar hanya terjadi pada salah satu malam Ramadhan, tidak ditemukan di bulan-bulan lainnya.

Dengan adanya lailatul qadar ini, umat Nabi Muhammad SAW dapat mengejar ketertinggalan waktu berbuat kebaikan. dari orang-orang sebelumnya.

Seperti diketahui, orang zaman dahulu relatif lebih tua. Bisa ratusan hingga seribu tahun. Dengan mendapatkan lailatul qadar, amalan mereka bisa dikejar karena satu lailatul qadar sama dengan 83 tahun.

Sepuluh kali mendapatkan lailatul qadar, bisa mengejar 833 tahun amalan umat sebelumnya.

Demikian 5 Keutamaan Ramadhan yang luar biasa dan semestinya kita syukuri. Sebab umat sebelum Nabi Muhammad tidak mendapatkan keutamaan-keutamaan ini.

Untuk Informasi Lebih Lanjut Tentang Yayasan Kami Silahkan Kunjungi website Fikrulakbar

Sumber : https://www.mediajabar.com/ramadhan/inilah-10-keutamaan-bulan-ramadhan.html