Beranda » Mengajak Anak Belajar Masak

Mengajak Anak Belajar Masak

Mengajak Anak Belajar Masak

Mengajak Anak Belajar Masak – Saat usia balita, anak cenderung ingin meniru apa yang dilihatnya di sekitar. Seringkali ia ingin melakukan aktivitas yang biasa dilakukan ayah dan ibu, salah satunya memasak. Nah jika anak kelihatan mulai tertarik dengan kegiatan memasak, ibu bisa membelikannya mainan peraga masak-masakan, seperti kitchen set. Dengan bermain masak-masakan bisa memberikan banyak manfaat buat si kecil lho, bu. Berikut lima manfaat bermain masak-masakan untuk anak.

 Melatih motorik halus

Mengajak Anak Belajar Masak

MELATIH ANAK ANAK MEMASAK DENGAN BAIK

Ketika anak bermain kitchen set, ia akan berinteraksi dengan beberapa peralatan masak. Seperti sendok penggorengan, kompor wajan dan juga oven. Dengan begitu, ia akan belajar mengaduk makanan, memencet tombol kompor dan oven dan memindahkan masakan maina.

Ketika ia belajar interaksi menggunakan peralatan masak, kegiatan itu akan baik untuk melatih kemampuan motorik halus si kecil. Nah ibu bisa menemaninya dan memberikan arahan bagaimana caranya bermain dengan peralatan masak tersebut.

Mengembangkan kemampuan sosial

Ibu bisa mengajak si kecil playdate bersama teman rumahnya ataupun bersama anak teman ibu. Karena saat bermain bersama temannya, anak akan melatih kemampuan sosialnya. Ia akan belajar membagi tugas dan belajar sosialisasi

Namun tetap awasi anak ya Bu, agar ia bisa bermain secara teratur tanpa harus saling rebutan mainan.

 Belajar mengembangkan imajinasi anak

Saat bermain masak-masakan anak akan belajar mengembangkan imajinasi. Seperti bermain rumah-rumahan dan bermain restoran. Ia akan belajar mengenal profesi lewat imajinasinya.

Ibu bisa menemaninya bermain dengan saling bertukar peran agar ia tambah semangat.

 Menambah kosakata dan belajar kategori

Ini akan menambah kosakata baru bagi si keci sambil bermain. Selain itu, anak juga akan mengenal lawan kata melalui kegiatan masak-masakan. Seperti mengenal panas dan dingin atau matang dan mentah.

JIKA INGIN MELIHAT LEBIH LANJUT ARTIKEL KAMI KLIK DISINI