Beranda » Peran Islam Mencegah Penyimpangan

Peran Islam Mencegah Penyimpangan

Peran Islam Mencegah Penyimpangan

Peran Islam Mencegah Penyimpangan

Peran Islam Mencegah Penyimpangan – Penyimpangan sosial yaitu perilaku seseorang yang tidak sesuai dengan norma sosial dan aturan yang telah di tetapkan

Semua orang pasti pernah melakukan perbuatan menyimpang, dalam keadaan sadar maupun tidak sadar.

Seperti membuang sampah sembarangan, melanggar peraturan lalu lintas, itu semua juga termasuk perbuatan menyimpang meskipun hal yang mungkin sepele menurut semua orang.

Dan tanpa di sadari kita semua pasti juga pernah melakukan perbuatan menyimpang, Perbuatan menyimpang di zaman sekarang marak di mana-mana, sudah di anggap hal yang biasa.

Seperti yang kita ketahui banyak berita yang telah beredar tentang pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur, selain itu juga pembunuhan di mana-mana.

Begitupun dengan minum-minuman keras dan beralkohol itu sudah hal yang biasa bagi anak remaja, bagi mereka sudah termasuk kesenangan tersendiri.

Padahal itu semua termasuk perbuatan menyimpang yang berdampak negatif bagi diri sendiri dan orang lain.

Peran Islam Mencegah Penyimpangan

Faktor-faktor Penyimpangan Sosial yaitu:

1. Keterbelakangan ekonomi.

Seseorang yang sudah malas bekerja dan pengangguran demi menghasilkan uang, untuk mencukupi kehidupan sehari-harinya mereka menghalalkan segala cara yang ada, yaitu termasuk penyimpangan sosial.

Seperti pencurian, permapokan, begal, dan sebagainya.
Faktor lingkungan atau pergaulan.

2. Faktor lingkungan

juga sangat mempengaruhi jika kita salah dalam pergaulan, apalagi ketika kumpul dengan orang yang selalu melakukan penyimpangan sosial.

Jika kita tidak bisa menghindari maka lama-kelamaan kita juga bisa terpengaruhi karena sudah kebiasaan kumpul dan sangat dekat.

Misalnya, sering berkumpul dengan orang yang suka berjudi, mabuk-mabukan, ataupun lainnya. Jika kita sering berkumpul dengan orang seperti itu, maka kita akan terpengaruhi, dan melakukan penyimpangan sosial.


3. Pengaruh Media Sosial.

Sekarang jamannya sudah era digital. Melakukan segala aktivitas sudah tidak manual lagi tapi sudah serba digital. Dan pastinya ada dampak positif juga ada negatifnya.

Banyak sekali negatifnya dan itu termasuk dalam penyimpangan sosial, dengan menggunakan media sosial sudah kelewat batas wajar. Seperti melihat tayangan yang tidak layak, misalnya film tentang kekerasan.

Bersosialisasai yang gagal. Sosialisasi itu baik dan sangat penting. Tetapi jika orang yang salah dalam bersosialisasi itu juga tidak baik dan bisa fatal.

Seperti orang yang hanya ikut sosialisasi saja tanpa memahami tujuan dan maksud tertentu.

Gagal dalam mendalami norma-norma dan peraturan yang ada. Dan akhirnya mengakibatkan melakukan penyimpangan-penyimpangan sosial.

Maka dari itu, perlu adanya upaya untuk meminimalisir perbuatan menyimpang.

Pendidikan agama islam sangat memiliki peran penting dalam mencegah perbuatan menyimpang. Karena pendidikan agama islam membantu manusia khususnya dalam memperbaiki akhlak dan moral seseorang.

Adapun tujuan perkembangan moral yaitu untuk menjadikan individu mempunyai perilaku, etika, akhlak yang baik dan positif yaitu yang sesuai dengan norma atau peraturan yang ada.

Membiasakan individu berperilaku sesuai dengan aturan, norma, ataupun agama.

Moralitas juga berperan dalam membangun masyarakat untuk mewujudkan masyarakat yang damai dan sejahtera baik lahir maupun batin.

Dengan demikian akhlak memiliki peran yang sangat aktif dalam menghasilkan suatu produk yang baik.

Seperti halnya tujuan pendidikan, yaitu tidak hanya menghasilkan pengetahuan yang baik tetapi juga perilaku yang terpuji.

Antara tujuan pendidikan akhlak dan tujuan pendidikan agama Islam sangat erat kaitannya, karena pendidikan akhlak menjadi tujuan yang bermakna bagi pendidikan Islam.

Oleh karena itu, dalam pendidikan agama Islam tidak hanya menghasilkan seseorang yang hanya cerdas, tetapi juga menghasilkan individu yang mengenal Tuhan dan memahami arah hidup yang benar.

Untuk informasi lebih lanjut tentang yayasan kami silahkan kunjungi web fikrulakbar.org