Beranda » Cara Mencegah Banjir

Cara Mencegah Banjir

Cara mencegah banjir

Terdapat beberapa upaya yang bisa kita lakukan bersama-sama untuk mencegah banjir, baik di lingkungan rumah maupun di lingkungan tempat tinggal.

Cara Mencegah Banjir
Berikut ini ada beberapa macam – macam cara untuk penanggulangan bencana banjir yaitu :

1. Jangan membuang sampah ke sungai dan selokan Penting untuk menjaga sungai dan selokan tetap bersih agar mampu menampung debit air tinggi ketika musim hujan.

Sayangnya, ada yang suka membuang sampah sembarangan ke sungai atau selokan. Ini akan membuat sungai dan selokan tersumbat dan berkurang kapasitasnya untuk menampung air.

2. Hindari membuat bangunan di pinggir sungai Saat ini semakin banyak yang membangun di pinggir sungai, padahal itu bisa menyebabkan banjir.

Pembangunan rumah atau bangunan di pinggir sungai akan mempersempit sungai. Selain itu, sampah rumah tangga berpotensi masuk ke dalam sungai.

3. Hindari penebangan pohon-pohon di hutan secara liar dan juga di bantaran sungai, karena pohon berperan penting untuk pencegahan banjir.

Sebenarnya menebang pohon tidak dilarang bila kita akan menanam kembali pohon tersebut dan tidak membiarkan hutan menjadi gundul.

4. Memperbanyak lahan terbuka hijau Perkotaan jauh dari hutan.

Lahan terbuka hijau di perkotaan bisa menggantikan hutan dan menambah daerah resapan di perkotaan agar terhindar dari banjir. Area ini bisa ditanami berbagai pohon yang baik untuk menyerap air.

5. Menjaga dan membersihkan saluran air secara rutin Perawatan saluran air dan membersihkannya secara rutin bisa mencegah banjir.

6. Hal ini bisa dilakukan secara bergotong royong oleh warga di sekitar saluran air tersebut.Melakukan reboisasi tanaman khususnya jenis tanaman dan pepohonan yang dapat menyerap air dengan cepat

Dengan melakukan cara penanggulangan banjir tersebut kita dapat mencegah bencana banjir.

Karena selama ini pemerintah pun telah bekerja keras untuk mencegah terjadinya banjir, tetapi semua masyarakat pun harus mendukung agar semua bisa teratasi dengan baik.

Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa saluran air siap menampung jika curah hujan meninggi sehingga tidak terjadi banjir.

Untuk Informasi Lebih Lanjut Tentang Yayasan Kami Silahkan Kunjungi Web fikrulakbar.org

TABAH MENGHADAPI UJIAN BANJIR