Beranda » Stasiun Kereta Api Tertua di Indonesia

Stasiun Kereta Api Tertua di Indonesia

Stasiun Kereta Api Tertua di Indonesia – Stasiun Kereta Api Tertua di Indonesia Kereta api merupakan salah satu moda transportasi favorit masyarakat Indonesia. Bagi yang tidak mempunyai banyak uang untuk melakukan perjalan dengan pesawat, biasanya lebih memilih menggunakan kereta api. 

Stasiun Tambaksari (1864)

Stasiun Kereta Api Tertua di Indonesia – Stasiun ini pertama kali dibangun pada tanggal 16 Juni 1864 dan diresmikan oleh Jenderal Baron Sloet van de Beele. Untuk pengoperasian rute keretanya, pemerintah Belanda menunjuk Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij (Nis). Salah satu markas NIS kini dikenal dengan nama Gudang Lawang Sewu. Pada tanggal 10 Agustus 1867, sebuah kereta meluncur pertama kalinya di stasiun ini.

Stasiun Semarang Tawang (1868)

Stasiun Kereta Api Tertua di Indonesia

Stasiun ini merupakan stasiun induk di Tanjung Mas, Semarang Utara yang melayani kereta api eksekutif dan bisnis. Kereta api ekonomi tidak boleh singgah di stasiun ini. Stasiun Semarang Tawang merupakan stasiun kereta api bersar tertua di Indonesia setelah Semarang Gudang. Stasiun ini diresmikan pada tanggal 19 Juli 1868 untuk jalur Semarang Tawang ke Tanggung. Jalur ini menggunakan lebar 1435 mm. Pada tahun 1873, jalur keretanya diperpanjang hingga Stasiun Solo Balapan dan berlanjut hingga Stasiun Lempuyangan di Yogyakarta.

Stasiun Lempuyangan (1872)

Stasiun Kereta Api Tertua di Indonesia

Stasiun Lempuyangan merupakan stasiun yang terletak di kota Yogyakarta.

Stasiun Lempuyangan beserta dengan rel yang membujur dari barat ke timur merupakan perbatasan antara Kecamatan Gondokusuma di utara dan Danurejan di selatan.

Stasiun Ambarawa (1873)

Stasiun Kereta Api Tertua di Indonesia

Kini memang orang tak lagi mengenal Stasiun Ambarawa karena sekarang telah diubah menjadi Museum Kereta Api Ambarawa. Letaknya di Ambarawa, Jawa Tengah. Museum ini memiliki kelengkapan kereta api yang pernah berjaya pada zamannya.

Salah satu STASIUN KERETA API INDONESIA kereta api uap dengan lokomotif nomor B 2502 dan B 2503 buatan Maschinenfabriek Esslingen sampai sekarang masih dapat menjalankan aktivitas sebagai kereta api wisata. Kereta api uap bergerigi ini sangat unik dan merupakan salah satu dari tiga kereta uap bergerigi yang masih tersisa di dunia. Dua di antaranya terletak di Swiss dan India. 

Stasiun Kedungjati (1873)

Stasiun Kereta Api Tertua di Indonesia

Stasiun ini terletak di Kedungjati, Grobogan. Stasiun ini terletak di ketinggian +36m dari permukaan laut dan berada di Daerah Operasi 4 Semarang.

JIKA INGIN MELIHAT ARTIKEL KAMI LAINNYA KLIK DISINI