Beranda » Panen Tomat Segar

Panen Tomat Segar

Panen Tomat Segar Dilahan Sempit

Panen Tomat SegarTomat merupakan tumbuhan yang memiliki banyak manfaat. Bisa di makan langsung atau di masak dengan kuliner yang lain. Kandungan vitamin c yang tinggi, membuat tomat mampu meningkatkan kekebalan tubuh kita. Budidaya tomat sangatlah gampang, bisa di laksanakan di lahan sempit atau di pot. Bisa juga menanamnya di halaman rumah, bila ingin menanam tomat untuk di jual kembali, harus menyiapkan lahan dengan baik. sehingga bisa menghasilkan panen yang bermutu. 

Panen Tomat Segar
MEMANEN TOMAT SEGAR

Dan tomat biasanya dapat dipanen setelah 2—3 bulan masa tanam. Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan saat tomat hendak di panen. Secara visual, tomat dapat dipanen apabila kulitnya sudah berwarna kemerahan. Daging buah tomat juga sudah cukup besar.

Ciri lain adalah masih adanya sisa tangkai putik dan tangkai daun yang sudah mulai menua. Mengeringnya tanaman tomat juga menjadi tanda bahwa tanaman ini telah siap dipanen. Semakin mudah tomat di petik dari pohonnya, buah tersebut semakin siap panen.

Selain itu, tomat yang di panen juga bisa di lakukan dengan perhitungan waktu. Jika Anda membudidayakan tomat dalam jumlah besar, sebaiknya melakukan pemanenan dengan cara ini. Pengecekan satu per satu akan sangat memakan waktu. 

Tomat adalah komoditas hortikultura yang penting, tetapi produksinya baik kuantitas dan kualitas masih rendah. Hal ini di sebabkan karena kesalahan pada awal penanaman.

Seperti tanah yang keras dan miskin unsur hara. Penyebab lainnya pemupukan tidak berimbang, serangan hama dan penyakit, pengaruh cuaca dan iklim, serta teknis budidaya petani. Itulah kenapa petani harus memperhatikan penanaman sejak awal akan mengelola lahan.

“Sementara penyakit umum yang biasa menyerang tomat adalah adanya ulat buah, pembusukan buah, maupun daun yang layu atau busuk. Penanganannya di sesuaikan dengan jenis penyakit. Banyak obat yang di sediakan di toko pertanian. Selanjutnya, dengan menguatkan pemberian pupuk dengan takaran yang pas.

Mengenai masa Panen Tomat Segar, terusnya, tomat yang siap panen adalah tomat yang sudah berubah warna menjadi kekuningan. Pemetikan sebaiknya di lakukan dua sampai tiga hari sekali.

VIDIO CARA MEMANEN TOMAT

JIKA INGIN MELIHAT ARTIKEL KAMI LAINNYA KLIK DISINI