Beranda » MENCEGAH TANAH LONGSOR

MENCEGAH TANAH LONGSOR

MENCEGAH TANAH LONGSORBencana tanah longsor biasanya sering terjadi di dataran tinggi yang memiliki banyak lereng dengan kemiringan lebih dari 45 derajat.

Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan dataran datar juga bisa terjadi longsor, walaupun peluang terjadinya lebih kecil.

MENCEGAH TANAH LONGSOR

Memasuki musim penghujan ini bencana tidak tahu kapan datangnya, oleh karena itu pemerintah telah menyiapkan pusat siaga bencana di tempat yang berpotensi menjadi langganan longsor.

Masyarakat juga telah di himbau untuk tetap waspada jika terjadi hujan dan mempelajari tanda-tanda terjadinya longsor.

Apa itu tanah longsor? Tanah Longsor adalah perpindahan tanah yang di dalamnya terdapat bebatuan organik maupun anorganik yang secara tiba-tiba bergerak ke bawah sehingga meninggalkan lereng.

Tanah longsor terjadi karena terganggunya keseimbangan tanah sehingga mudah bergeser yang biasanya di sebabkan oleh air yang masuk ke dalam lapisan atmosfer yang mempunyai peran sebagai area gelincir.

Jika air sudah memasuki area gelincir pada lapisan tanah bagian dalam, maka tanah bagian atas dan tengah kedap air menjadi goyah dan struktur tanah atas akan sangat mudah bergeser, terlebih lagi jika di atas tanah tersebut berdiri banyak bangunan yang memberikan beban ke tanah.

Cara Menghindari Tanah Longsor Cara menghindari bencana tanah longsor kita harus mengetahui cara dan tindakan yang perlu di lakukan untuk mencegah terjadinya longsor.

Sebagai manusia kita tidak tahu kapan bencana akan terjadi, namun dengan kita belajar mempelajari tanda – tanda bencana longsor dan cara pencegahannya dengan mengurangi tindakan yang dapat memicu bencana, setidaknya bisa mengurangi risiko dan dampak yang di timbulkan.

JIKA INGIN MELIHAT ARTIKEL KAMI LAINNYA KLIK DISINI