Beranda » kandungan gizi Kangkung

kandungan gizi Kangkung

Kangkung bukanlah makanan yang asing di Indonesia. Sayur hijau ini akan mudah di temui di berbagai restoran karena rasanya rasanya yang enak. Bukan hanya enak, kandungan gizi yang kaya membuat kangkung menyimpan banyak manfaat untuk kamu yang mengonsumsinya.

kandungan gizi Kangkung

Sayur kangkung pun sangat mudah diolah. Kamu bisa membuat tumisan sayur kangkung sederhana dengan tambahan terasi, belacan, tauco, atau bahan lainnya. Menu ini pun sudah cukup enak bila di santap dengan nasi panas dan sambal.

Kandungan Dalam Sayur Kangkung

Tumbuhan yang juga sering di sebut bayam air ini mengandung banyak nutrisi di dalamnya. Tak heran kalau kamu di sarankan untuk banyak mengonsumsi kangkung untuk menjaga kesehatan. Mengonsumsi sayur kangkung pun di sarankan sejak dini.

Dalam sayuran hijau ini, terkandung karbohidrat, protein, dan serat dalam jumlah yang cukup. Adapun kandungan kalori yang sangat sedikit sehingga tidak menyebabkan kegemukan. Selain itu, kangkung juga kaya akan mineral, seperti kalium, kalsium, zat besi, natrium, dan fosfor.

Kangkung juga kaya akan vitamin A dan C yang sangat di butuhkan oleh organ-organ tubuh kamu. Mengonsumsi sekitar 50 gram kangkung sudah mampu memenuhi asupan vitamin A harian hingga 70 persen dan vitamin C hingga 50 persen.

Kandungan Gizi pada Kangkung

Kangkung adalah sayuran yang rendah kalori dan lemak. Sayuran berdaun hijau ini mengandung vitamin yang cukup banyak, termasuk vitamin A (mencapai 6600 IU per 100 gram). Selain itu kandungan gizi pada kangkung lainnya adalah kaya akan antioksidan dan mineral.

Dalam porsi 100 gram, kangkung hanya mengandung 19 kalori. Karena kandungan gizi pada kangkung cukup tinggi dan kalorinya rendah, jadi banyak ahli yang merekomendasikan sayuran ini untuk menurunkan berat badan.

Kangkung mengandung kadar antioksidan fenolik yang berlimpah, seperti beta karoten, lutein, xanthin, dan cryptoxanthin. Kangkung mentah juga mengandung kadar asam askorbat.

Kandungan gizi pada kangkung lainnya adalah vitamin C. 100 gram kangkung mengandung 55 miligram vitamin C atau 92 persen dari jumlah asupan harian vitamin C yang direkomendasikan. Vitamin C adalah antioksidan yang larut dalam air dan membantu membebaskan oksigen dari radikal bebas, sehingga membantu melindungi tubuh dari banyak penyakit.

Konsumsi rutin makanan yang kaya akan vitamin C bisa meningkatkan kesehatan jaringan ikat, rambut, dan kulit. Selain itu, konsumsi vitamin C yang cukup juga bisa mencegah kekurangan zat besi, anemia, memperlambat penuaan, dan mencegah kanker.

Kangkung juga merupakan sumber vitamin A yang baik, sama seperti sayuran berdaun hijau lainnya, seperti bayam dan kubis. 100 gram kangkung segar mengandung 6300 IU atau setara dengan 210 persen rekomendasi asupan harian vitamin A. Vitamin A penting untuk kesehatan tubuh, khususnya mukosa, kulit, rambut, dan penglihatan. Selain itu, vitamin A juga bekerja sebagai anti-kanker dan anti penuaan dini.

Kangkung juga kaya akan vitamin B. Sayuran berdaun hijau ini mengandung beberapa vitamin B kompleks. Di dalam kangkung, terdapat 8 persen riboflavin, 5.5 persen niasin, 7 persen vitamin B-6, 14 persen asam folat, dan lainnya. Kelompok vitamin B kompleks ini penting untuk metabolisme tubuh.

Sebagai tambahan, kangkung juga kaya akan mikronutrisi lainnya. Kangkung mengandung mineral seperti zat besi (21 persen), kalsium (8 persen), kalium (7 persen), magnesium (18 persen), mangan (7 persen), dan fosfor (5.5 persen).

Magnesium dan kalsium baik untuk kesehatan tulang dan gigi, serta fungsi jantung. Sementara itu, mangan digunakan tubuh sebagai faktor penambah untuk enzim antioksidan tertentu.

Kandungan gizi pada kangkung itu sangat banyak. Jika di konsumsi secara rutin, kangkung bisa mencegah osteoporosis, anemia akibat kekurangan zat besi, kekurangan vitamin A. Selain itu, kandungan gizi pada kangkung juga melindungi Kamu dari penyakit jantung serta kanker prostat dan kanker usus besar.

Berdasarkan penjelasan di atas, kandungan gizi pada kangkung ternyata sangat banyak ya, Gengs. Tidak banyak orang yang tahu kandungan gizi pada kangkung secara detil seperti yang di jelaskan di atas.

JIKA INGIN MELIHAT ARTIKEL KAMI LAINNYA KLIK DI SINI