Beranda » Peringatan 17 Agustus 2022 dan Manfaat Ikut Lomba 17 Agustus Bagi Tubuh kita

Peringatan 17 Agustus 2022 dan Manfaat Ikut Lomba 17 Agustus Bagi Tubuh kita

Lomba menaruh bendera wujud kenal bendera kebangsaan

Pada perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke 77 beragam perlombaan sudah mulai digelar di sekolah maupun di lingkungan tempat tinggal. Beragam lomba yang saat ini sudah mulai digelar di antaranya tarik tambang hingga balap karung yang sering kali menjadi lomba wajib untuk menyambut momen HUT RI Ke-77 pada 17 Agustus 2022.

Di Tahfis Anak Usia Dini (TAUD) fikrul akbar juga di lakukan beraga lomba dalamrangka memeriakan HUT RI ke 77 yang dilakukan di taman edukasi P2ekomas masjid fatimah fikrul akbar babelan bekasi.
Lantas, selain memupuk rasa kekeluargaan dan kebersamaan, apa saja manfaat mengikuti lomba 17 Agustus bagi kesehatan tubuh maupun emosional kita?

Beragam lomba 17 Agustus 2022 tahfis anak usia dini fikrul akbar di taman edukasi P2ekomas

1. Cegah penyakit mematikan

Ada segudang manfaat yang tersimpan di dalam berbagai macam perlombaan tradisional yang seru untuk ikut memeriahkan HUT RI Ke-77. Selain berdampak bagi kesehatan tubuh, perlombaan tradisional seperti tarik tambang hingga panjat pinang merupakan hal yang sangat menyenangkan untuk dilakukan karena biasanya dilakukan secara beregu. Ketika suasana hati senang, maka akan membuat pikiran Anda juga sehat dan hal tersebut merupakan salah satu cara agar Anda terhindar dari risiko penyakit mematikan seperti jantung, kanker, dan sebagainya.

2. Bisa melatih otot bahu Saat

mengikuti lomba seperti tarik tambang ternyata gerakan menarik tersebut sangat bermanfaat untuk melatih otot bahu Anda. Tidak hanya itu, melakukan olahraga tarik tambang juga berkhasiat untuk melatih otot tangan dan kaki Anda.Namun, satu hal yang harus diingat, Anda dilarang untuk memaksakan kekuatan otot Anda ketika menarik tambang, karena jika Anda terlalu memaksakannya, bisa saja otot bahu dan lengan Anda terkilir.

3. Melatih konsentrasi otak dan menciptakan mood yang lebih baik

Mengikuti perlombaan 17 Agustus seperti bakiak ternyata memiliki beragam manfaat. Bergerak serentak dan beriringan adalah ciri khas dari permainan tradisional ini. Bakiak, sudah pasti juga menjadi salah satu permainan tradisional yang masuk ke dalam daftar perlombaan saat perayaan hari kemerdekaan

Jika Anda cermati, ternyata ada manfaat yang baik saat Anda melakukan permainan ini. Permainan ini bermanfaat untuk melatih konsentrasi otak dan menciptakan mood yang lebih baik. Otak Anda harus fokus untuk dapat menerima instruksi dari anggota tim lain, dan secara bersama-sama menggerakan salah satu kaki.

Tentunya hal ini akan menjadi sulit jika Anda memiliki konsentrasi yang lemah. Permainan bakiak juga sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh anak-anak yang sedang dalam masa tumbuh kembang. Sebab, selain menyenangkan, permainan ini dapat meningkatkan kekompakkan dalam jiwa mereka.

4. Bisa membakar kalori

Balap karung merupakan salah satu permainan yang sering dijumpai dalam perayaan kemerdekaan Indonesia. Permainan yang mewajibkan Anda untuk masuk ke dalam karung, dan melompat dari satu sisi ke sisi lain menggunakan karung ini ternyata juga memiliki banyak manfaat.

Balap karung sangat baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah membakar kalori. Selain itu, balap karung juga sangat baik untuk melatih otot lengan, bahu, dada serta betis. Manfaat lain dari balap karung adalah membantu meningkatkan koordinasi dan keseimbangan tubuh Anda.

5. Mengembangkan kreativitas

Bagi anak-anak, lomba bisa untuk mengembangkan kreativitas, imajinasi, motorik, kognitif, dan kekuatan emosional mereka. Jika permainan dilakukan berkelompok, dapat melatih kerja sama, kekompakan, dan sportifitas.
Selain itu, American Academic of Pediatrics melansir, permainan dapat meningkatkan kesehatan otak maupun fisik, serta emosional dengan cara yang menyenangkan.