Lompat ke konten
Beranda » AKHIRAT ITU LEBIH NYATA DARI DUNIA

AKHIRAT ITU LEBIH NYATA DARI DUNIA

MOBIL SIAGA MASJID FATIMAH FIKRUL AKBAR MENGANTARKAN JENASAH MANUSIA KE PINTU KEMATIAN DI DUNIA YANG NYATA
لْحَجُّ أَشْهُرٌ مَّعْلُومَٰتٌ ۚ فَمَن فَرَضَ فِيهِنَّ ٱلْحَجَّ فَلَا رَفَثَ وَلَا فُسُوقَ وَلَا جِدَالَ فِى ٱلْحَجِّ ۗ وَمَا تَفْعَلُوا۟ مِنْ خَيْرٍ يَعْلَمْهُ ٱللَّهُ ۗ وَتَزَوَّدُوا۟ فَإِنَّ خَيْرَ ٱلزَّادِ ٱلتَّقْوَىٰ ۚ وَٱتَّقُونِ يَٰٓأُو۟لِىl ٱلْأَلْبَٰبِ
Artinya: (Musim) haji adalah beberapa bulan yang dimaklumi, barangsiapa yang menetapkan niatnya dalam bulan itu akan mengerjakan haji, maka tidak boleh rafats, berbuat fasik dan berbantah-bantahan di dalam masa mengerjakan haji. Dan apa yang kamu kerjakan berupa kebaikan, niscaya Allah mengetahuinya. Berbekallah, dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa dan bertakwalah kepada-Ku hai orang-orang yang berakal.
Referensi : https://tafsirweb.com/719-surat-al-baqarah-ayat-197.html

Firman Allah, (dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa) Ketika Dia memerintahkan mereka untuk membekali diri dalam perjalanan di dunia, Dia mengarahkan mereka untuk menyiapkan bekal untuk akhirat, yaitu mengambil takwa sebagai bekal, sebagaimana Allah berfirman, (pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik) (Surah Al-A’raf: 26) Ketika Dia menyebut pakaian yang bisa dirasakan, Dia mengarahkan kepada pakaian hakiki, yaitu tunduk, taat, dan takwa. Dia menyebutkan bahwa itu lebih baik dan lebih bermanfaat dari pakaian itu.
Firman Allah, (dan bertakwalah kepadaKu hai orang-orang yang berakal) Dia berfirman, “Waspadalah terhadap hukuman, dan siksaanKu bagi siapa saja yang membangkang kepadaKu dan tidak melaksanakan perintahKu, Wahai orang-orang yang memiliki akal dan pemahaman

Adapun perbekalan hakiki yang senantiasa langgeng manfaatnya bagi pemiliknya di dunia maupun di akhirat nya adalah bekal ketaqwaan yang merupakan pemekaran menuju negeri tempat menetap, dan ia adalah hal yang menyampaikan kepada kelezatan paling sempurna serta sebaik-baik kenikmatan yang akan selalu dan terus menerus. Dan barangsiapa yang meninggalkan perbekalan ini, maka ia akan terhalang dengannya, yang mana dia adalah pembawa kepada segala keburukan, dan ia terhalang untuk sampai ke negeri orang-orang yang bertakwa. Oleh karena itu, hal ini adalah sebuah pujian bagi ketakwaan.
Kemudian Allah memerintahkan hal tersebut kepada orang-orang yang berakal seraya berfirman, “bertakwalah kepada-Ku hai orang-orang yang berakal,” maksudnya, wahai orang-orang yang memiliki akal yang matang, bertakwalah kepada robb kalian, dimana bertakwa kepadaNya adalah hal yang paling agung yang diperintahkan oleh akal kepadanya, dan meninggalkan hal tersebut adalah sebuah tanda kebodohan dan kerusakan pikiran.
Referensi : https://tafsirweb.com/719-surat-al-baqarah-ayat-197.html

SUASANA TAWAF TAHUN 2009,maka tidak boleh rafats, berbuat fasik dan berbantah-bantahan di dalam masa mengerjakan haji.

Hari ini kita merasakan dunia yang sedang kita jalani terasa sangat nyata dan Akhirat lah yang tampak fana. Kelak nanti di depan kita ada satu pintu yang bernama kematian, setelah kita melaluinya semua akan terbalik. Dunia yang kita jalani selama ini akan terlihat seperti mimpi, dan akhirat lah yang benar benar nyata. Benar, ternyata selama ini kita hanya tertipu.

Beruntunglah orang-orang yang telah mempersiapkan bekal iman dan takwa sebelum meninggal dunia, dan merugilah orang munafik, fasik dan kafir yang lalai dari alam akhirat. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

…وَتَزَوَّدُوْا فَاِنَّ خَيْرَ الزَّادِ التَّقْوٰىۖ وَاتَّقُوْنِ يٰٓاُولِى الْاَلْبَابِ

…Berbekal-lah karena sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa. Bertakwalah kepada-Ku wahai orang-orang yang mempunyai akal sehat. (QS. Al-Baqarah [2]: 197)

PERSIAPKAN DIRI SEBELUM GILIRAN KITA YANG DIMANDIKAN DENGAN BEKAL TAQWA