Lompat ke konten
Beranda » PERJALANAN HAJI ERA TAHUN 1430 H/2009 M

PERJALANAN HAJI ERA TAHUN 1430 H/2009 M

  1. Perjalan Haji Mandiri
SUASANA TAWAF IFADOH SETELAH MENGINAP DI MINA dok haji 2009

وَأَذِّن فِى ٱلنَّاسِ بِٱلْحَجِّ يَأْتُوكَ رِجَالًا وَعَلَىٰ كُلِّ ضَامِرٍ يَأْتِينَ مِن كُلِّ فَجٍّ عَمِيقٍ

Artinya: Dan berserulah kepada manusia untuk mengerjakan haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki, dan mengendarai unta yang kurus yang datang dari segenap penjuru yang jauh,

Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari’ah Universitas Qashim – Saudi Arabia

1 ). Allah mencatumkan suara azan Ibrahim tatkala memanggil manusia untuk datag berhaji, sampai azan pun tetap terjaga sampai saat sekarang ini, dan ia juga terus diulang-ulang di setiap waktu shalat, senantiasa dikumandangkan di mihrab-mihrab { وَأَذِّن فِى ٱلنَّاسِ بِٱلْحَجِّ يَأْتُوكَ رِجَالً }. Ayat ini juga menjadi dalil bahwa seorang hamba ketika menginginkan sesuatu hendaknya mengerjakan sebab datangnya keinginannya itu, lalu kemudian menyerahkan apa yang terjadi di belakangnya kepada sang maha tinggi.

2 ). Beberapa orang-orang shalih menyaksikan dari sebagian jamaah haji yang kembali ke negara asal mereka, tatkala dalam perhentian menangis dan berkata: betapa lelahnya aku! lalu kemudian menarik nafas dan berkata lagi: seperti inilah kerugian yang dirasakan oleh siapa yang terputus perjelanannya menuju baitullah, lalu bagaimana dengan dia yang benar-benar terputus hubungannya dengan Rabb pemilik baitullah?

3 ). { يَأْتُوكَ رِجَالًا وَعَلَىٰ كُلِّ ضَامِرٍ } “datang kepadamu dengan berjalan kaki, dan mengendarai unta yang kurus” pada potongan ayat ini disebutkan diutamakannya penyebutan pejalan kaki sebelum penyebutan pengendara menunjukkan satu faidah yang berharga: yaitu, Allah memberi syarat bagi mereka yang akan melakukan ibadah haji yakni adanya kemampuan pada diri.

4 ). { وَعَلَىٰ كُلِّ ضَامِرٍ } Ketika manusia menyambut hangat tamu-tamu mereka yang datang dengan kendaraan-kendaraan mewah, dan Allah memuji dan menyambut tamu-tamunya sekalipun kendaraan mereka dengan seeokor unta.

5 ). { مِن كُلِّ فَجٍّ عَمِيقٍ } “dari segenap penjuru yang jauh” Sungguh ini adalah pemandangan yang begitu menakjubkan; anda tidak akan mendapatkan pemandangan sperti ini yang mengumpulkan jutaan manusia dari berbagai kewarganegaraan yang berbeda, seperti pemandangan haji ini, hal ini menunjukkan kegungan agama ini.

Referensi : https://tafsirweb.com/5763-surat-al-hajj-ayat-27.html

Perjalanan Haji | Cara, Yang, Map
PERJALANAN HAJI ROSULULLAH TAHUN 10 H/ 631 M